Home > Sepenggal Kisah > Berani Maju Ke Depan

Berani Maju Ke Depan

SemangatBerani Maju Ke Depan, Semangat, Percaya Diri, Dan Mengambil Setiap Kesempatan Yang Ada

Allah SWT. Menciptakan manusia agar mereka mau bekerja untuk mendapatkan sesuatu yang menunjang kehidupannya, agar berusaha di seluruh pelosok bumi, mencari hasil-hasil (kekayaan) bumi yang manfaatnya kembali pada diri mereka sendiri dan kepada seluruh umat. Semua itu tidak akan tercapai kecuali dengan keberanian dan pengorbanan. Sesungguhnya orang-orang baik terdahulu, tidaklah dapat mencapai kejayaan yang luar biasa, tidak dapat menaklukan rintangan-rintangan sulit dan tidak pula dapat mencapai tingkat yang membuat setiap orang mengaguminya, kecuali dengan keberanian dan kobaran cita-cita yang mulia.

Sementara orang-orang yang hidup sekarang ini tampak tertinggal, tidak dapat mencapai derajat seperti orang-orang terdahulu dan tidak mampu meraih cita-cita itu disebabkan mereka tidak berani maju dan tidak berani melakukan usaha yang baik dan berguna serta enggan menghadapi tantangan demi tercapai keinginan.

Sesungguhnya semua bangsa telah bangkit dan berhasil mencapai puncak segala cita-cita. Padahal itu sebelumnya merupakan bangsa yang hina dan nista, berserakan bagaikan debu yang berhamburan, bagaikan gombal yang tidak berarti. Sementara kita, umat Islam, masih dalam keadaan tidur nyenyak dan berada dalam posisi yang terlampau jauh di belakang mereka. Padahal dulunya kita adalah bangsan yang maju dan menjadi pelopor kemajuan.

Oleh sebab itu, hidupkanlan kembali keagungan yang telah hancur dan tegakkan kembali kemuliaan yang telah roboh serta bangkitkan kembali kejayaan yang telah terkubur itu. Jangan engkau jadikan kejayaan yang telah lenyap itu sebagai sesuatu yang harus ditinggalkan begitu saja. Apabila kita semua tidak bangkit (untuk bekerja keras memperoleh kejayaan itu kembali), maka sesungguhnya kita telah melihat kain kafan sudah terbentang dan kuburan yang telah tergali. Jika hal itu terjadi, maka disitulah kita menantikan kematian, lalu kita tidak lagi menjumpai penolong dan tidak pula menemukan orang yang ingin menyelamatkan kita.

Oleh karena itu, mari kita semua bangkit dengan semangat yang dapat mengguncang gunung-gunung yang kokoh dan menghentikan keberingasan kuda-kuda liar, sebelum datang suatu malapetaka dahsyat menimpa kita dan sebelum terdengar oleh kita jeritan bangsa yang memekakkan telinga. Sedangkan kita di saat itu pula sedang menanti kematian diri sendiri dan tidak mendapati sesuatu, kecuali berbagai macam bencana dan krisis di berbagai bidang.

Sebenarnya, di tangan kita lah urusan umat ini. Kehidupan mereka terletak pada keberanianmu. Oleh karena itu, majulah dengan penuh semangat dan keberanian. Bangkitlah dengan segala semangat dan kekuatan, dalam iringan suara genta yang membangkitkan semangat, pasti umat ini akan hidup.

“Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah daripada seorang mukmin yang lemah dalam segala kebaikan. Peliharalah apa-apa yang menguntungkan kamu dan mohonlah pertolongan Allah, dan jangan lemah semangat (patah hati). Jika ditimpa suatu musibah janganlah berkata, “Oh andaikata aku tadinya melakukan itu tentu berakibat begini dan begitu”, tetapi katakanlah, “Ini takdir Allah dan apa yang dikehendaki Allah pasti dikerjakan-Nya.” Ketahuilah, sesungguhnya ucapan: “andaikata” dan “jikalau” membuka peluang bagi (masuknya) karya (kerjaan) setan.” (HR. Muslim)

Diambil dari : Terjemah Kitab ‘Idlotun Nasyi’in
Karangan : Asy-Syeikh Musthafa Al-Ghalayain
Penerjemah : HM. Fadili Said An-Nadwi

Categories: Sepenggal Kisah
  1. Ibe Ramadhan
    18 January 2010 at 17:47

    Ijin copy paste, jazzakallah khoir,

  2. mufin ayatul husna
    25 January 2010 at 09:41

    izin copas.. syukron

  3. 25 January 2010 at 12:40

    Monggo..Semoga bermanfaat..:D

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: